I-MobileTV 533, Nikmati Musik dan TV Bersuara Jernih
20.45 | Author: Sony Surya Wijaya
Sesuai namanya, fasilitas TV adalah unggulan ponsel i-MobileTV 53. I-Mobile menyiapkan tombol TV; diletakkan di kiri bodi, kira-kira sejajar bawah layar. Kita tinggal pencet tombol ini untuk menyalakan TV. Sementara antena berada di siku kanan bawah.

Posisi nonton yang lebih nyaman tentu saja dengan meletakkan bodi ponsel secara horizontal. Tapi bila kita memposisikan antena di siku kanan atas, letak tombol TV dan tombol volume yang "pindah" ke bawah bodi akan terasa sedikit janggal.

Dengan layar dalam keadaan vertikal, navigasi kiri-kanan untuk pindah saluran. Sedangkan navigasi atas-bawah dipakai untuk menyetel EV. Menarik untuk dicatat bahwa memencet navigasi tengah akan memutar layar 90 derajat ke kanan, dan bisa terus diputar sampai ke posisi semula.

Tapi yang utama membedakan 533 dari ponsel TV lainnya adalah Reminder. Dengannya kita bisa menyetel TV agar otomatis menyala pada waktu yang telah ditentukan.

Selain TV, ada pula radio dan music player yang bisa menemani hari-hari senggang kita. Berkat antena terintegrasi, FM Radio bisa dipakai tanpa kita harus repot memasang headset. Yang menyenangkan, kita bisa merekam siaran radio favorit. Kita bahkan bisa menjadwal perekamannya dengan Radio Recorder Schedule. Ada 4 set waktu yang bisa diatur. Kita juga bisa tentukan sendiri format file dan kualitas audionya.

Speaker Keren
Coba dengar baik-baik suara yang dihasilkan speaker saat kita sedang nonton TV, dengar radio atau Music player : terdengar nyaring tapi tetap jernih. Tombol volume 2-arah di kiri bodi juga mudah dijangkau.

Speaker milik 533 memang keren karena pembuatannya didukung oleh Yamaha. Lihat saja label AudioEngine LSI by Yamaha yang tertera di dekat speaker.

Kemampuan pengolahan suara terlihat utamanya pada Music Player. Kita akan temukan Yamaha Effect pada deretan menu, dengan opsi Flat, Standard, Pops, Classic, 3D, Bass, Dynamic, sampai Ethnic. Pemakaiannya di Music player juga mudah; tinggal pencet navigasi atas untuk ganti EQ.

Yang juga menarik adalah adanya jack 3,5mm di kiri bodi. Ini memberi kita kebebasan memilih headset alternatif.

Dual SIM, Dual On
Dua SIMcard bisa ditempatkan dalam 2 slot yang berderet di sisi atas; yang kiri bertanda slot 2 dan yang kanan bertanda slot 1. Karena hanya ada satu tombol Call, secara default tombol ini menelepon dengan nomor
SIM1.

Repotnya, Sinyal tidak menemukan cara cepat untuk menelepon dengan nomor SIM2. Satu-satunya cara yang Sinyal dapati hanyalah dengan mengganti opsi di Dual SIM Settings menjadi Only SIM2 Open.

Kesimpulan Sinyal, pada saat Dual SIM Open diaktifkan, ponsel ini bisa menerima telepon dari kedua nomor SIM, tapi secara default hanya bisa menelepon dengan nomor SIM1.

SMS dari kedua SIM akan masuk ke Inbox yang sama. Untuk membedakan asalnya, kita tinggal lihat angka di depan SMS tersebut. Kita bisa membalas SMS dengan nomor mana pun. Tapi ingat, Outbox tak menyimpan salinan dari SMS yang di-reply dari Inbox.

Kamera
Kamera berdampingan dengan speaker. Tak terlihat lampu atau cermin. Tak ada tombol khusus untuk kamera, tapi tombol navigasi kanan di-default untuk membuka Camera.

Pada menu utama, Camera diberi icon tersendiri. Dalam Camera, Sinyal tak menemukan menu pintas untuk pindah ke Video Recorder. Jadi, untuk merekam video, kita harus masuk dulu ke menu utama, buka Multimedia, lalu pilih Video Recorder.

Size maksimal untuk foto adalah 640x480. Sementara Video Recorder tak menyediakan opsi resolusi. Setting yang tersedia standar. Seperti biasa, kita bisa pakai keypad untuk menyetel cepat sejumlah setting.

Kapasitas dan Konektivitas
Slot MicroSD tersembunyi di balik batere, di pojok kanan bawah. Pada unit yang kami terima sudah terpasang kartu memori berkapasitas 1GB.

Port mirip USB mini ada di bawah bodi, tepat di tengah. Ketika terkoneksi ke PC via kabel data, kita bisa pakai ponsel sebagai storage (Mass Storage), Webcam, modem (COM Port) atau untuk cetak cepat (PictBridge).

Sumber: Sinyal

Spesifikasi: I-MobileTV 533
Jaringan : GSM 900/1800 MHz
Bentuk : Bar
Dimensi : 113x50x15 mm
Batere : Li-ion 3,7V 1100mAh (tipe BL-55)
Layar : 2,4”, TFT
Memori internal : 494K
Memori tambahan : MicroSD; 1GB
Konektivitas antar peranti : USB mini, Bluetooth
Konektivitas internet : GPRS
Kamera :ada
Ringtone : Polofonik
Phonebook : 500 entri
Messaging : SMS, MMS, Chat
Aplikasi : Calculator, Alarm Clock, Calendar, To Do List, Memo, World Clock, Health (BMI, Pink Schedule), Stopwatch (Typical Stopwatch, nWay Stopwatch), Photo Album, Photo Editor, Show Slide, Video Recorder,
Video Player, Voice Recorder, Game, Melody Composer, FM Radio, Radio Recorder Schedule, TV, Camera, Music Player
Isi paket : Charger, headset, manual
This entry was posted on 20.45 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: